KPU Sulut: Pers Adalah Ujung Tombak Dalam Proses Pemilu 2024

banner 468x60

JURNALSWARA, Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 bersama Pers dan Media, yang dilaksanakan di Hotel Mercure, Tateli, Minahasa Sabtu, (8/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Meidy Tinangon selaku Plt Ketua KPU Sulut, menyampaikan, sosialiasi ini dinilai perlu karena pers merupakan ujung tombak Pemilu.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Partisipasi pemilu di Sulut cukup tinggi karena peran dari pers yang tiap hari menginformasikan kepada publik. Pemilu tahun 2024, kita tidak hanya meningkatkan partisipasi dari kuantitas saja tapi partisipasi dari segi kualitas juga yakni kualitas demokrasi itu sendiri,” ucap Meidy saat membuka Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024.

Meidy juga mengatakan, bukan hanya masyarakat yang berpartisipasi, namun diharapkan juga insan pers terlibat, dengan menghadirkan partisipasi masyarakat Luber dan Jurdil.

“Pasalnya Luber dan Jurdil bagian substansi demokrasi. KPU Sulut berharap Pemilu 2024 dapat berjalan sesuai asasnya yakni, Luber dan Jurdil,” ujar Meidy.

Meidy menambahkan, Pemilu bisa menjadi ranah konflik. Karena itu dibutuhkan jurnalisme perdamaian yang dapat dilakukan pers di Sulut.

“Kita berharap Pemilu bisa jadi arena integrasi. Teman-teman pers bisa berperan. Karena itulah kita membangun hubungan yang baik dengan pers tanpa membatasi kebebasan pers,” pungkasnya.

Partisipasi Masyarakat
Terkait Pendidikan & SDM

Sementara itu, Komisioner KPU Sulut, Salman Saelangi bagian Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parsitipasi Masyarakat dan SDM, juga menyampaikan bahwa sosialisasi sangat penting dalam pelaksanaan tahapan Pemilu.

“Kenapa sosialisasi ini, terasa betul pada proses pemilu lalu begitu intens yang akhirnya dalam parsitipasi masyarakat pada pemilu naik. Itu menjadikan Sulut sebagai parsitipasi tertinggi Pilkada Gubernur di Indonesia,” terang Saelangi.

Menurutnya juga dari pentingnya peran media itu dapat dipastikan dari terlihatnya animo masyarakat yang begitu tinggi dikarenakan pemberitaan media.

“Saya berani ambil kesimpulan karena linier, saya melihat benar media dari mulai tahapan awal sampai akhir hasil dan bisa diikuti publik. Sehingga yang tercipta ada trans publik. Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman pers,” sebutnya.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, ada beberapa hal yang dibahas seperti, dasar hukum Pemilu UU No 17 2017, gambaran isi dari UU  7 2017 pasal 167 ayat 6, alur tahapan hingga hari H pemungutan suara di tanggal 14 Februari 2024 nanti.(fh)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60