Berdasarkan Instruksi Presiden RI Pemda Talaud Canangkan Gentana

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan ( DKPP) bekerja sama dengan TNI melaksanakan Pencanangan Gerakan Talaud Menanam (Gentana) yang dirangkai dengan Hari Pancasila dan HUT ke 77 TNI bertempat di Kompleks Perkantoran Pemkab Talaud, Melonguane, Sabtu (1/10/2022).

Pada kesempatan tersebut, Atas nama Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut, Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga mencanangkan secara resmi Gentana yang juga dilaksanakan secara serentak di 19 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud yang ditandai dengan pemukulan Tetengkoren.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga dalam sambutannya mengatakan, kita melaksanakan pencanangan Gentana, dalam rangka pengendalian inflasi dan peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Talaud. Ini merupakan salah satu instruksi langsung dari Presiden RI Joko Widodo.

” Semua lahan kosong harus segera dimanfaatkan dengan menanam. Demi mengantisipasi dan menekan inflasi serta menekan krisis dunia,” kata Parapaga.

Menurut Wabup, berdasarkan para pengamat ekonomi diperkirakan tahun 2023 akan terjadi krisis sedunia. Kita berdoa semoga di Kabupaten Kepulauan Talaud itu tidak terjadi, karena sumber daya alam kita cukup besar dan menunjang potensinya.

” Gentana ini tidak hanya dilakukan Pemkab Talaud, tapi seluruh lembaga pemerintah yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Wabup berharap, agar mulai saat ini diseluruh Kabupaten Kepulauan Talaud segera digalakan gerakan menanam.

” Semoga gerakan Talaud menanam diberi sukses dan berhasil oleh yang kuasa,” harapnya.

Tak lupa juga atas nama Bupati Kepulauan Talaud mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Dinas terkait beserta seluruh Forkopimda yang sudah bersama sama melaksanakan pencanangan Gentana.

” Mari seluruh warga masyarakat kita pergunakan lahan yang masih kosong untuk menanam baik itu disekitar rumah maupun di kebun dengan tanaman yang kita butuhkan, agar kita terhindar dari krisis dunia sesuai dengan instruksi dari Presiden RI,” pungkasnya.

Hadir Dalam pencanangan tersebut, Danlanal Melonguane, Kapolres Kepulauan Talaud, Kajari Talaud, Perwakilan Kodim 1312/Talaud, Perwakilan PN Melonguane, pejabat lingkup Pemkab Talaud, Camat Melonguane, Tokoh adat dan Agama, serta Penyuluh-Penyuluh pertanian.(wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60