Bupati Talaud Hadiri Gerakan Nasional Penanaman Sorgum TNI AL tahun 2022

banner 468x60

 JURNALSWARA, Talaud – Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut ( E2L) bersama unsur Forkopimda dan Stekholder terkait menghadiri Gerakan Nasional Penanaman Sorgum tahun 2022 TNI AL, bertempat di Lanal Melonguane, Desa Kiama, Kecamatan Melonguane, Jumat (9/9/2022).

Adapun Gerakan Nasional Penanaman Sorgum yang merupakan program TNI AL pada tahun anggaran 2022 dan bekerja sama dengan Kementerian Pertanian RI ini bertema “Melalui Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022, TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Bupati Elly Engelbert Lasut menyampaikan, hari ini dalam rangkaian HUT Ke 77 TNI AL, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud bersama Lanal Melonguane akan melaksanakan penanaman Sorgum yang merupakan program dari Pemerintah Pusat untuk ketahanan pangan serta mendukung pemerintah dalam menyongsong Hari Pangan Sedunia pada tanggal 16 Oktober 2022.

” Dalam rangka HUT Ke 77 TNI AL, pemerintah daerah bersama Lanal Melonguane bersama mendukung program dari Pemerintah Pusat dengan menanam Sorgum. Agar supaya kita mampu bertahan dalam kekurangan pangan atau datannya masalah ketahanan pangan di Indonesia,” kata Bupati.

Ditempat yang sama Danlanal Melonguane Letkol Laut (P) Glory Syaranamual menjelaskan, kegiatan ini sesuai instruksi pimpinan TNI AL untuk memanfaatkan lahan kosong diwilayah kerjanya, agar bisa dimanfaatkan untuk menunjang program ketahanan pangan nasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara serantak di 77 lokasi jajaran TNI AL di Seluruh Indonesia. Dimana kita sebagai TNI menjadi bagian dalam melaksanakan kegiatan ini untuk mengantisipasi kekurangan pangan di Indonesia,” kata Danlanal.

Danlanal juga menjelaskan, Untuk penanaman Sorgum di Kabupaten Kepulauan Talaud akan sangat tepat jika terjadi kelangkaan pangan secara Global. Karena tanah disini sama persis dengan asalnya tanaman Sorgum tersebut. Kita harus mendukung program pemerintah pusat, karena Pemerintah sudah memikirkan apabila bagaimana jika terjadi kelangkaan pangan.

” Sorgum bisa menjadi bahan baku untuk membuat makanan untuk komsumsi sehari-hari pengganti padi dan beras dan untuk areal penanaman tidak perlu berkualifikasi khusus,” ungkapnya.

Danlanal Melonguane juga berharap dengan adanya penanaman sorgum ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Kepulauan Talaud, karena pertumbuhan Sorgum 3-4 bulan kedepan bisa dipanen.

Terpantau, setelah menanam Sorgun, Bupati Talaud bersama Danlanal Melonguane dan Unsur Forkopimda serta tamu undangan lainnya mengikuti lewat Video Conference Gernas penanaman Sorgum tahun 2022 oleh TNI AL yang dipusatkan di Kampung Neglasari, Bogor, Jawa Barat.

Diketahui, Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara.(wm)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60