E2L-MAP Kunjungi Kemenhub RI, Bahas Peningkatan Status Pelabuhan Di Talaud

Bupati Elly Engelbert Lasut ( E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga ( MAP) melakukan kunjungan kerja ke Kementrian Perhubungan ( Kemenhub) R.
banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud yang diwakili langsung oleh Bupati Elly Engelbert Lasut ( E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga ( MAP) melakukan kunjungan kerja ke Kementrian Perhubungan ( Kemenhub) RI, Kamis ( 4/8/2022).

Kedatangan Bupati E2L Dan Wabup MAP bersama rombongan diterima langsung oleh para direktur Kemenhub dan kabag perencanaan pembangunan pelabuhan nasional.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Bupati E2L dalam keterangannya mengatakan,mengucapkan banyak terima kasih karena sudah merespon dan menyambut kedatangan kami dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud.

” maksud kunjungan kami dalam rangka pembangunan pelabuhan yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud yakni Pelabuhan Melonguane dan Gemeh,” kata Bupati E2L yang didampingi Wabup MAP.

Bupati E2L juga menerangkan, keinginan Pemda dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud yakni mendorong agar peningkatan status dari pelabuhan melonguane untuk dijadikan sebagai pelabuhan Internasional.

” Karena Kabupaten Kepulauan Talaud adalah daerah perbatasan maka kami juga rencananya akan membangunan pelabuhan Gemeh untuk dijadikan pelabuhan terintegsrasi,” jelasnya.

Bupati Elly Engelbert Lasut ( E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga ( MAP) melakukan kunjungan kerja ke Kementrian Perhubungan ( Kemenhub) RI, Kamis ( 4/8/2022).

Karena menurut Bupati E2L, rencananya wilayah tersebut akan dibangun untuk dijadikan kawasan ekonomi khusus ( KEK), dan itu sudah dibicarakan dengan KSP dan Kementrian terkait.

” Lahannya sudah kami siapkan, jika sudah disetujui kami siap membanggun pelabuhan terintegrasi di areal Kawasan Ekonomi Khusus tersebut.

Ini harapan kita, karena wilayah Gemeh yang kita tawarkan telah melewati visibility study karena tepat berhadaoan dengan Negara Philipina walaupun agak dibelakang pulau Miangas tapi hitung-hitungan termasuk wilayah terluar dan perbatasan.

” Karena kalau Miangas berhadapan dengan wilayah San Agustine, sedangkan Wilayah Gemah berhadapan langsung dengan Davao,” pungkasnya.

Terpantau, selain membicarakan tentang pembangunan Pelabuhan Melonguane dan Gemeh, Bupati E2L dan Wabup MAP juga membicarakan tentang jadwal pelayaran Kapal Perintis yang melayani wilayah daerah-daerah pulau perbatasan yakni Miangas, Karatung, Marampit,dan Kakorotan.(wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60