Lanal Peduli Lingkungan, Tanam Mangrove

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Melonguane bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan menggelar penanaman mangrove di pesisir pantai kompleks Lanal terutara NKRI di desa Kiama Barat, kecamatan Melonguane, Selasa, (26/7).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Mangrove sedunia yang jatuh pada tanggal 26 juli 2022. Penanaman bibit mangrove tersebut dipimpin langsung Danlanal Melonguane Letkol Laut ( P) Glory Syaranamual didampingi Sekertaris Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Yohanis B.K Kamagi, dan diikuti oleh pemerintah kecamatan, Kelurahan dan Desa yang ada di Melonguane, para anggota Saka Bahari Binaan Lanal Melonguane, Masyarakat dan stekholder terkait lainnya.

Kegiatan diawali dengan zoom meeting yang dibuka Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, S.E, M.M bersama Menteri Lingkungan Hidup RI Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc.

Selanjutnya, lewat zoom meeting Danlanal Melonguane Letkol Laut ( P) Glory Syaranamual, bersama perwira staff dan anggota, Sekda Kabupaten Kepulauan Talaud Yohanis Kamagi bersama sejumlah pejabat di lingkup pemda dan Kecamatan serta Kekurahan/Desa yang ada di Mwlonguane, Wakapolres Kepulauan Talaud Demetrius Lariwu, Kasi Intel Kejari Kepulauan Talaud Zulkarnaen Mustaka, Danramil Melonguane Letda Inf Daud Tinuwo, Manager ULP PLN Melonguane Affandy Poli nampak secara bersama sama melaksanakan penanaman di lokasi yang telah ditentukan.

Penanaman Mangrove di pesisir pantai Kiama Talaud oleh personel TNI AL.

” Kegiatan ini juga merupakan program dari Bapak Presiden Republik Indonesia Haji Insinyur Joko Widodo. Dari 10.000 bibit pohon mangrove, untuk penanaman hari ini sebanyak 1000 bibit mangrove. Kami akan melanjutkan penanaman 9000 bibit lainnya di beberapa titik lokasi yang lain,” ujar Danlanal Melonguane.

Terkait kegiatan yang digelar, Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut, melalui Sekretaris Daerah Yohanis Kamagi, menyampaikan suport dan apresiasi.

” Tentunya pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai TNI Angkatan Laut secara serentak , khususnya Lanal Melonguane,” tandas Kamagi

Senada dengan Danlanal, menurut Kamagi, mangrove memiliki fungsi dan manfaat yang sangat penting dalam kelestarian lingkungan pesisir dan laut.

Kegiatan hari ini mengusung tema “Melalui Sinergitas Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak tahun anggaran 2022 , TNI AL Bersama Rakyat Siap Mendukung Program Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Global “.

Diketahui, penanaman Mangrove dilaksanakan Serentak di 77 Titik Jajaran TNI AL di seluruh Indonesia. Selain mencegah terjadinya abrasi menjaga ekosistem laut dan pesisir serta tempat berkembangbiaknya biota laut, penanaman dan pemanfaatan mangrove bertujuan untuk menanggulangi efek rumah kaca yang menjadi pemicu pemanasan global. (Wil)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60