Lasut-Parapaga Hadiri Paripurna Istimewa HUT Daerah ke-20

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud- Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut ( E2L) bersama Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga( MAP) serta Sekretaris Daerah Yohanis B.K Kamagi menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka HUT ke 20 tahun Kabupaten Kepulauan Talaud bertempat di Gedung sidang DPRD, Melonguane, Sabtu (2/6/2022).

Bupati E2L dalam sambutannya menyampaikan, mari kita mengucap syukur kepada Tuhan. Karena atas berkat dan penyertaannya maka kita bisa berkumpul di tempat ini. Terlebih karena atas penyertaannya kepada Kebupaten Kepulauan Talaud sejak berdirinya pada tanggal 2 Juli 2002 sampai dengan 2 Juli 2022 yang artinya kita telah berdiri sebagai Kabupaten yang resmi bagian dari NKRI selama 20 tahun.

” Penyertaan Tuhan ini wajiblah kita syukuri, dengan ungkapan terima kasih kita sampaikan dwngan kegiatan-kegiatan keagamaan, adat, sampai dengan pelaksanaan paripurna pada saat ini,” kata Bupati.

Kita juga harus berterima kasih kepada pendahulu kita yang telah berjuang bersama -sama, apakah pejuang dari Talaud atau mereka yang turut memberikan perhatian dan simpati. Secara khusus dan hormat saya menyaksikan secara langsung peran dari Arnold Baramuli sebagi Ketua DPA RI dan Hengky Baramuli anggota DPR RI yang telah secara nyata berjuang bersama seluruh masyarakat Talaud unzk meyakinkan Pemerintah Pusat tentang pentingnya kabupaten Talaud segera direalisasikan.

” Sebagai pimpinan daerah mengucapkan terima kasih yang saya sampaikan hari ini di depan rapat paripurna secara khusus, semoga ini bisa didengarkan oleh keluarga dan ahli waris dan keturunan dari Kedua tokoh tersebut,” ujarnya.

Bupati Elly E Lasut dan Wakil Bupati menghadiri paripurna istimewa HUT kabupaten Kepulauan Talaud ke-20 yang dipimpin Ketua DPRD Jakop Mangole, Sabtu (2/7).

Pada kesempatan itu juga, Bupati E2L menyampaikan perkembangan Kabupaten kepulauan Talaud dan capaian Pemerintah daerah dari awal berdirinya sampai pada saat ini. Misalnya peningkatan Infrastruktur jalan lingkar Karakelang, pembangunan komplek perkantoran dan pusat Pemerintahan, kesehatan, infratruktur jaringan PLN, sdm pendidikan, sektot Perikanan dan Perkebunan, Sektor Telekomunikasi, sistem pengelolah pemerintahan dari manual menjadi digital, transaksi online, sistem perhubungan laut, dan peningkatan pendapatan masyarakat.

” Sebagai salah seorang saksi mata sejak berdirinya kabupaten Kepulauan Talaud saya bisa menyaksikan betapa daerah ini kemudian berdiri dan sangat berpengaruh pada peningkatan dan kesejatraan warga masyarakat,” ungkapnya.

Tak hanya itu juga, Bupati E2L menyampaikan capain penanganan Covid 19 di Kabupaten Kepulauan Talaud, dimana merupakan salah satu daerah yang penanganan masalah Covid-19 menghasilkan beberapa hal yang positif. Sebagai contoh, salah satu daerah yang masuk dalam Green Zone, daerah pertama yang diizinkan melakukan belajar tatap muka langsung di bidang pendidikan dasar dan menengah dari Kemenpora.

“Memang untuk membangun model dan harapan warga masyarakat kita membutuhkan waktu yang tidak pendek. Sehingga kita terus berjuang untuk merealisasikan harapan warga yang pada intinya adalah mengharapkan warga masyarakat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Bupati.

Selain itu juga dalam mengatasi dampak virus corona Kabupaten Kepulauan Talaud berdasarkan survei BPS merupakan dua daerah di Sulut pertumbuhan ekonominya meningkat sehingga menurunkan angka kemiskinan disaat penanganan Covid-19 dan merupakan daerah paling rendah angka penganggurannya di Sulut.

Foto bersama perwakilan pemprov, forkopimda dan pimpinan DPRD lainnya selesai paripurna istimewa.

” Memang untuk membangun model dan harapan warga masyarakat seperti itu kita membutuhkan waktu yang tidak pendek. Sehingga kita terus berjuang untuk merealisasikan harapan warga yang pada intinya adalah mengharapakan warga masyarakat menjadi lebih baik dari waktu ke waktu,” jelasnya.

Menurut Bupati, inilah sebagian kecil apa yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud yang bisa disampaikan dalam paripurna peringatan HUT Daerah. Semoga dari waktu ke waktu daerah ini kemudian semakin bertumbuh dan berkembang.

“Kita bersama memiliki niat sebagai pemimpin yang hadir disini, baik itu pimpinan dan anggota DPRD, tokoh adat, tokoh masyarakat, kepala OPD kita. Semua memiliki tekad dan target bersama yaitu meningkatkan kesejatraan msyarakat,” harapnya.

Tapi semua itu menurut Bupati pilihan masyarakat Porodisa itu semua bergantung dari kinerja kita, dan tak kalah pentingnya adalah mari kita serahkan kepada Tuhan. Agar perlindungan dan berkat dari yang kuasa akan selalu tercuruh bagi Pemda Kabupaten Kepulauan Talaud dan kemudian menjadikan daerah ini menjadi kabupaten yang diberkati dan menjadi berkat bagi daerah lainnya di NKRI, sebagai mana menjadi harapan dan cita-cita pendahulu .

” Semoga informasi ini bisa menjadi keyakinan kita dan semangat untuk kemudian kita bisa berjuang lebih keras lagi mencapai talaud yang aman, sejahtera, damai, yang selalu diberkati dan menjadi berkat bagi banyak orang,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan Tersebut Gubernur Sulut yang diwakili oleh Kepala BPPD Sulut, Kepala BPKP Sulut, Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulut, Anggota DPRD Sulut, Pimpinan dan angggota DPRD Talaud, Forkopimda Talaud, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tahuna, Jajaran Divisi Kemenkumham Sulut, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemkab Talaud, Ketua PKK dan DWP Talaud, staf ahli/Khusus Bupati, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Wil)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60