Dekab Gelar Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Talaud ke-20

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Dalam rangka memperingati HUT ke 20 Kabupaten Kepulauan Talaud, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar rapat Paripurna DPRD , bertempat di Gedung Sidang, Melonguane, Sabtu ( 2/6/2022).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Jakop Mangole dan dihadiri oleh Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga. Kegiatan rapat dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, selanjutnya doa, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat dari Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Talaud oleh Sekretaris DPRD Arvan Bawangun.

Selaku Pimpinan Rapat Ketua DPRD dalam sambutannya mengatakan, rapat paripurna yang dilaksanakan kali ini, adalah khusus untuk memperingati dan merayakan HUT ke 20 Kabupaten Kepulauan Talaud.

” Itu artinya HUT memiliki nilai mendasar dan hakiki bagi pemerintah dan masyarakat Talaud. Melalui mementum ini, kita dapat merenungkan kembali dan memahami berdirinya Kabupaten ini adalah merupakan sebuah proses yang sangat berat dan panjang, ” katanya.

Menurutnya, mengurai rentetan panjang dan sejarahnya, tentunya itu merupakan sebuah rangkain yang harus kita refleksikan dalam perjalanannya. Tentunya kita imani dan percaya bahwa Talaud menjadi sebuah kabupaten adalah perjuangam seluruh masyarakat dan orang-orang tertentu yang telah berimpati dan simpati secara bersama .

” Atas nama masyarakat dan teman-teman pimpinan menyampaikan penghargaan kepada para pejuang sehingga Kabupaten Kepulauan Talaud boleh ada sampai hari ini hingga berusia sampai 20 tahun,” ungkanya.

Pada momentum ini, kita harus bertanya pada diri masing-masing sebagai Pemerintah dan masyarakat serta seluruh komponen yang ada sudah sampai sejauh mana kita menghargai perjuangan berdirinya Kabupaten Ini. Kita harus menghargai dengan membangun disegala bidang kehidupan.

” Karena sesunggunya perjuangan otonomi Talaud adalah untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat agar dapat berdiri sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia meskipun kita berada di perbatasan,” jelasnya.

Sekwan Arfan Bawangun saat membacakan sejarah singkat berdirinya kabupaten kepulauan Talaud dalam paripurna istimewa, Sabtu 2 Juli 2022.

Pimpinan rapat juga menjelaskan, 20 tahun perjalanan Kabupaten Kepulauan Talaud tentunya membawa perubahan dan kemajuan untuk daerah ini. Kemajuan yang diperoleh melalui perjalanan kepemerintahan daerah oleh masing-masing pemimpin yang pernah dipercayakan memimpin daerah ini.

“Atas nama DPRD menyampaikan penghargaan setinggi -tingginya kepada pimpinan daerah yang pernah mangabdi dan berkarya untuk Talaud baik di eksekutif maupun legislatif,” jelas Mangole

Ketua DPRD juga memberikan apresiasi kepada pemerintahan saat ini dibawah pimpinan Bupati Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga sudah banyak kemajuan dan capaian prestasi yang telah ditorehkan dalam memimpin daerah ini. Terbaru Pemda telah mempertahankan WTP dua kali berturut -turut dan Enam kali berurutan dari pemerintahan sebelummya.

” Atas segala prestasi dan kerja ini, atas nama DPRD menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi -tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati dan seluruh jajaran Pemda Talaud serta semua pihak yang boleh terlibat bersama didalamya, ” katanya.

Diungkapkan juga, DPRD dalam posisi dan kedudukannya sebagai lembaga penyelenggaraan pemerintahan daerah bersama Kepala daerah sehingga menjadi mitra kerja. Tentunya dalam menjalankan tiga fungsi akan senatiasa menopang dan bekerja sama mendukung pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Bupati dan Wakil Bupati bersama jajaran .

” Masih banyak hal yang harus kita benahi karena itu tujuan kita berotonomi. Tidak ada gunanya berdiri sendiri kalau pada akhirnya kita tidak mampu melakukan hal-hal seperti itu,” jelasnya.

Tak hanya itu, Mangole juga menuturkan , sesungguhnya bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemda tapi ini tanggung jawab kita bersama seluruh komponen, seluruh masyarakat yang pada hakekatnya harus memberikan yang terbaik untuk daerah ini.

” Mari kita bersama dan bersatu membangun tanah porodisa tercinta ini, sesuai dengan semangat Sansiote Sampate-pate,” pungkasnya. (Wil)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60