Wabup Dampingi Danrem 131/Santiago Kunjungi Posad Pulau Terluar

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis didampingi Wakil Bupati Kepulauan Talaud Moktar Arunde Parapaga mengunjungi Pos Angkatan Darat ( Posad) Kabaruan yang berada di salah satu pulau terluar yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud, tepatnya di Desa Damao,Kecamatan Damao, Jumat (10/6/2022).

Kedatangan Danrem 131/ Santiago bersama Wabup Parapaga dan rombongan disambut secara adat oleh pentua adat dan Pemerintah Kecamatan Damao. Selanjutnya langsung menuju Posad Kabaruan untuk meninjau dan memberikan arahan kepada personil yang bertugas di sana.

Danrem 131/ Santiago Brigjen TNI Mukhlis dalam keterangannya mengatakan, saya sebagai Komandan Korem memberikan arahan, pembekalan, menengok dan melihat prajurit di perbatasan baru kali ini. Sehingga murni mau bersilahturahmi dengan kalian, mendengarkan aspirasi atau masukan.

“Diharapkan prajurit untuk selalu berpedoman terhadap pencapaian tugas pokok satgas yaitu menjaminkan keamanan masyarakat dan keutuhan wilayah dari berbagai ancaman, khususnya di pulau Kabaruan. Bertugaslah secara semangat dan pintar, sehingga akan selalu terjaga kesehatan dan moril selama bertugas di pulau ini,” ungkap Jenderal Bintang Satu.

Penjemputan secara adat bagi Danrem 131/Santiago di Pulau terluar saat kunjungan ke Talaud.

Ketika ditanya soal rencana pembangunan batalion di Kabupaten kepulauan Talaud tepatnya di Pulau Kabaruan yang rencananya akan dilaksanakan pembangunannya pada tahun ini, Danrem mengatakan, untuk pengembangan gelar satuan pembangunan satu batalion memang sudah direncanakan.

” Tapi, kalau untuk ,tahun ini rupanya belum bisa terealisasi. Tapi tahapannya realisasi akan dimulai tahun ini, bukan berarti langsung ada. Karena ada tahapannya, misalkan pembebasan lahan, baru dibangun bangunannya selanjutnya penetaan personil,” jelasnya.

Menurut Danrem, tahun ini prosesnya sudah akan dilaksanakan. Namun untuk pembebasan lahan kita punya aturan dan mekanisme semua yang harus kita lakukan.

” Pada prinsipnya, kita sudah koordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Talaud dan Bupati Elly Engelbert Lasut siap mensuport. Namun ada aturan-aturan dan regulasi yang harus kita penuhi di tingkat propinsi maupun pusat,” ungkapnya.

Intinya Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Talaud sudah siap. Ini merupakan bagian dari pengembangan gelar satuan kita, untuk menata personil kita di wilayah Talaud untuk memperkuat wilayah perbatasan kita dengan Negara Tetangga.

Dalam kunjungan tersebut hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Talaud Jakop Mangole, Kasie Ops Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Aris Mindarto, Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Agus Ariyanto, Danlanal Melonguane Letkol Laut (P) Glory Syaranamual, Camat Damau B. Sinedu dan seluruh perwira staf dan persit Kodim 1312/ Talaud. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60