Petugas Lapangan dituntut Inovatif dan Kreatif Cegah Stunting

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud – Pemkab Kepulauan Talaud melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Untuk mewujudkan Talaud bebas dari stunting akan mengadakan pertemuan bersama dengan 22 petugas lapangan keluarga berencana ( PLKB).

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kepulauan Talaud, Martji Parapaga- Leong saat ditemuai awak media di ruang kerjanya, kamis (9/6/2022).

” Selain peranan dari keluarga, peran serta dari PetugasĀ  Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) juga ikut andil dalam pencegahan stunting,” ucapnya.

Menurut Leong, PLKB harus kreatif dan inovatif. Jemput bola karena mereka adalah ujung tombak dalam suksesnya setiap pencapaian program Keluarga Berencana dalam mengatasi permasalahan stunting yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud.

” PLKB memang harus turun lapangan, untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada kader, masyarakat agar permasalahan stunting dapat diatasi secara konprehensif, masif dan terstruktur,” ucapnya.

Kadis DPPKB yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Talaud juga menjelaskan, untuk mengatasi stunting selain peran PLKB, juga butuh keterlibatan semua stakeholder terkait.

“Semua pihak harus terlibat. Namun untuk pendataan dan anggaran sebaiknya harus satu pintu agar supaya tidak ada kesalahan dalam pendataan. Karena kalau beberapa instansi yang melakukan pendataan kadang-kadang terjadi mis komunikasi soal pendataan,”pungkasnya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60