Lomba Pidato Adat Antar SD/SMP se-Talaud diGelar Dikpora

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Dinas Pendidikan dan Olahraga ( Dikpora) dalam rangka memperingati Hardiknas melakukan suatu terobosan yang kreatif dan patut mendapatkan apresiasi.

Dimana, Dinas Dikpora Kabupaten Kepulauan Talaud menggelar kegiatan yang baru pertama kali diselenggarkan sejak Kabupaten Kepulauan Talaud dimekarkan dari Kabupaten Sangihe yakni lomba Pidato Adat tingkat SD/SMP se Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kegiatan tersebut mendapat respon baik dari pihak Sekolah dan Siswa. Adapun yang mengikuti kegiatan tersebut terdiri dari peserta terdiri dari 45 peserta tingkat SD, dan 30 peserta tingkat SMP dan dilaksanakan di Aula Serba Guna Dimas Dikpora Talaud, Melonguane, Sulawesi Utara, Jumat (3/6/2022).

Kepala Dinas Dikpora Deker Lasut yang diwakili oleh Kepala Bidang ( Kabid) Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) CH. K. Mandagi dalam keterangannya mengatakan,lomba Pidato Adat ini merupakan yang pertama kali digelar dan terlebih khusus di lingkungan Dikpora Talaud.

” Kegiatan lomba Pidato Adat ini terinspirasi karena dari dahulu setiap ada penyambutan tamu daerah selalunya yang menyambut secara adat itu Tua Adat (Ratu Mbanua). Padahal kalau dipikir, anak-anak juga bisa untuk menyambut tamu daerah. Dan ini bisa dilakukan dengan mengajar mereka soal Bahasa Adat Talaud,” jelas Mandagi.

Sehingga itu, dalam rangka pembinaan minat, bakat, dan kreativitas siswa, maka Dinas Dikpora melaksanakan lomba Pidato Adat yang bertema; Penyambutan Tamu, Pengukuhan Tokoh Adat, dan Pisah Sambut Tahun Lama dan Tahun Baru.

“Tujuan lain dari lomba ini, Perserta didik digodok agar lebih mencintai budaya daerah yang semakin hari semakin hilang karena perkembangan IPTEK yang ada,” imbuhnya.

Mandagi juga menambahkan, semoga kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahunnya. Dimana, dengan lahirnya generasi pemangku adat cilik, dapat menambah kekayaan adat budaya daerah dalam hal penjemputan tamu daerah maupun kegiatan lain.

” semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu lomba prioritas, agar kedepannya dapat terlaksana dengan lebih baik lagi,” harapnya.

Tak lupa juga, Mandagi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga, yang selama ini sudah banyak memperhatikan kemajuan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan NKRI ini.

” Terima kasih kepada Pimpinan daerah yang selama ini sudah berusaha memajukan daerah ini, kususnya di bidang pendidikan, budaya dan seni ,” pungkasnya.

Diketahui, pada lomba tersebut, tim juri diambil dari Tokoh Adat (Ratumbanua) di Kecamatan Melonguane. Penilaian berdasarkan mimik, gerakan, tutur kata dalam melafalkan bahasa adat yang sesuai artinya. Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60