NKRI Harga Mati, TNI Kerahkan Personil Jaga Miangas

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Pulau Miangas adalah salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) berpenduduk yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi prioritas dalam penanganannya karena lokasinya berbatasan langsung dengan Negara Filipina.

Menanggapi hal tersebut, pihak TNI AD melalui Kodim 1312/Talaud mengerahkan puluhan anggotanya untuk menjaga pulau Miangas.

Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Agus Ariyanto dalam keterangannya menyampaikan, pengamanan pulau terluar terbagi menjadi tiga daerah pengamanan. Pertama, Pulau Miangas, kemudian Pulau Marampit, dan Pulau Kabaruan.

“Kami yang melaksanakan pengamanan ada sekitar 42 orang. Dalam melaksanakan pengamanan pulau terluar ini kendala yang dihadapi kami yakni, kondisi pos yang perlu mendapatkan bantuan perbaikan,” paparnya.

Menurut Dandim, saat ini kapasitas pos penjaga hanya bisa menampung sekitar 20-25 prajurit. Sedangkan yang menghuni mencapai 42 orang.

“Kami berharap pos bisa diperbaiki sesuai dengan kapasitas personel yang saat ini menghuni pos tersebut,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Dandim, selain melakukan pengamanan pulau terluar para prajurit juga membentuk Desa Pancasila di Pulau Miangas. Fungsinya, menanamkan nilai-nilai Pancasila, kegiatan bela negara, dan wawasan kebangsaan.

“Kami dalam melaksanakan kegiatan dibantu oleh instansi-instansi terkait dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud,” pungkasnya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60