Kembangkan Potensi Wisata, Talaud Perlu Investor

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud- Asisten Deputi ( Asdep) batas wilayah Badan Nasional Pengelolah Perbatasan darat ( BNPP) RI Ismawan Haryono mendorong Pemkab Kepulauan Talaud menggandeng investor untuk mengembangkan potensi wisata daerah tersebut. Dengan begitu, perekonomian masyarakat akan tumbuh dan maju.

” Festival Mane’e berpotensi menarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Untuk itu, kegiatan tersebut harus dikemas lebih menarik lagi,” kata Haryono saat menghadiri festival Mane’e di Pulau Intata, Kakorotan, Nanusa, Talaud, Sulawesi Utara.

Menurutnya, festival Mane’e yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Cukup bagus dan meriah. Cuma perlu ada modifikasi kegiatan-kegiatan ini dalam bentuk paket.

” Perlu ada kerja sama pemerintah daerah (pemda) dengan swasta yang ada di Jakarta dan Bali. Kerja sama dengan paket perjalanan. Termasuk di blow up melalui media massa,” ujarnya.

Ismawan menilai, pelibatan investor dalam pengembangan potensi wisata di Kepulauan Talaud, khususnya di Pulau Intata diperlukan mengingat mereka punya jejaring untuk mempercepat kegiatan wisata di daerah itu.

“Saya lihat banyak spot-spot untuk diving dan snorkling. Itu bisa dijual melalui media, YouTuber dan paket wisata. Wisatawan kan bawa dolar ke Indonesia. Jadi gimana wisatawan dari negara asing, terutama dari Eropa menghabiskan dolarnya di sini. Akibatnya memberi dampak ekonomi ke masyarakat juga banyak,” ucapnya.

Ismawan juga meminta Pemkab Talaud terus belajar mengembangkan potensi wisata yang dimilikinya seperti yang dilakukan di Raja Ampat, Papua. Jadi wisatawan ke sini tidak hanya makan ikan tapi bagaimana mereka hidup bersama alam dengan ikan.

“Kita harus belajar dari saudara-saudara kita di Raja Ampat, di mana kalau mau makan ikan harus ambil sejauh 2 mil dari tempat wisatanya dan di dekat pantai tempat wisatanya bisa kasih makan ikan. Itu yang menarik, sehingga dampak ekonomi jadi bagus ke depan,” pungkasnya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60