Festival Mane’e Kembali dilaksanakan

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Wakil Bupati Kepulauan Talaud Moktar Arunde Parapaga ( MAP) didampingi Ketua Tim PKK kabupaten Kepulauan Talaud Martji Parapaga- Leong bersama Sejumlah unsur Forkopimda Talaud menghadiri Féstival adat Mane’e tahun 2022, yang dilaksanakan di Pulau Intata, Desa Kakorotan, Kecamatan Manusia, Talaud, Sulawesi Utara, Rabu ( 25/5/2022).

Kedatangan Wabup Parapaga dan rombongan disambut secara adat oleh Ratumbanua Desa Kakorotan dan Forkopicam Nanusa dan perangkat Desa Kakorotan di Pelabuhan Laut. Selanjutnya Wabup dan Forkopimda diangkut menggunakan kendaraan roda tiga (Viar) untuk masuk kedalam Desa Kakorotan.

Setelah beristirahat sejenak, rombongan langsung bertolak ke Pulau Intata tempat berlangsungnya acara féstival adat Mane’e dengan menggunakan perahu speed boad. Kedatangan Wabup Parapaga bersama rombongan disambut oleh Inangnguwanua dengan memakaikan topi khas dan gelang tanda sebagai peserta féstival adat Mane’e.

Rombongan Wabup Moktar Parapaga disambut secara adat.

” Semoga adat dan budaya ini, menjadi magnet pariwisata di Kabupaten Kepulauan Talaud khususnya di Desa Kokorotan dan akan tetap dikembangkan,” kata Wabup Parapaga yang didampingi unsur Forkopimda saat usai menangkap ikan.

Wabup juga mengatakan, pada waktu mendatang kegiatan féstival adat Mane’e akan lebih ditingkatkan pelaksanaannya baik waktu dan acaranya.

Wabup dan rombongan seusai menangkap ikan dalam festival budaya Mane’e di Pulau Intata Kabupaten Kepulauan Talaud.

” Kami berharapa féstival adat Mane’e benar- benar menjadi sajian adat untuk Indonesia dan dunia Internasional khususnya untuk Kabupaten Kepulauan Talaud,” pungkasnya.

Diketahui, féstival adat mane’e adalah, upacara adat menangkap ikan secara tradisional dengan menggunakan daun kelapa muda (janur) di laut oleh masyarakat Desa Kokorotan.

Tampak hadir dalam féstival mane’e tersebut, perwakilan dari BNPP RI, Kementrian Pariwisata, Kementrian Kelautan,Sejumlah pejabat tinggi pratama dan ASN lingkup Pemkab Talaud, TNI/ Polri, dan ribuan masyarakat dari berbagai daerah yang ada di Indonesia maupun di Sulawesi Utara. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60