Menkopolhukam dan Mendagri Canangkan Gerbangdutas 2022

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud- Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan ( MenkoPolhukam) sekaligus Ketua pengaruh BNPP RI Mahfud MD dan Menteri Dalam Negri ( Mendagri) Tito Karnavian yang juga merupakan Kepala BNPP RI resmi mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan ( Gerbangdutas ) 2022, Selasa (24/5/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Wanala T2, Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud Provinsi Sulawesi Utara. Tema yang diangkat pada Pencanangan Gerbangdutas 2022 adalah “Pembangunan Perbatasan Negara untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural”, juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama Forkopimda Sulut.

Dipilihnya Kabupaten Kepulauan Talaud sebagai lokasi pencanangan Gerbangdutas 2022 lantaran daerah ini memiliki pulau yang berbatasan langsung dengan negara Filipina yakni Pulau Miangas. Pulau ini merupakan salah satu Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) berpenduduk yang menjadi prioritas pembangunan.

Dalam sambutannya Mendagri RI Tito Karnavian mengungkapkan, Gerbangdutas merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk membangun perbatasan NKRI dengan memperkuat sinergi prioritas kegiatan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

“Kegiatan ini akan mencanangkan kegiatan multistakeholders di seluruh Kawasan Perbatasan Negara yang dilaksanakan di 222 Kecamatan Lokasi Prioritas pada 54 Kabupaten/Kota di 15 Provinsi, pada Tahun 2022 ini,” ujar Mendagri.

Menurutnya, untuk terus mendorong kebijakan dan langkah kolektif bersama semua stakeholders untuk semakin mempertegas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menkopolhukam, Mendagri, gubernur Sulut dan Bupati Talaud membuka rangkaian gerbangdutas 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud.

” Kegiatan ini juga untuk mendorong pemerataan pembangunan, dalam upaya kita mewujudkan kesejahteraan masyarakat di kawasan perbatasan negara,” ujar Karnavian.

Ditempat yang sama, MenkoPolhukam RI Mahfud MD mengatakan, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Indonesia (NKRI) adalah komitmen pemerintah dalam pembangunan nasional di perbatasan.

“Perbatasan itu rawan, kadangkala kita lebih miskin dari daerah sebelah, kadangkala ada penyelundupan, ada konflik, ada pelanggaran hukum. Ini harus dibangun secara politik maupun sosial, dan ekonominya,” ujarnya.

Tugas negara yang pertama adalah melindungi segenap bangsa dan tumpah darah. Tugas tersebut tercantum dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945. Untuk itu, pencanangan Gerbangdutas yang dilakukan BNPP ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menegakkan kedaulatan.

“Kedaulatan itu harus dijaga. Kita ke sini untuk memberi simbol-simbol bahwa kita berdaulat. Jangan main-main dengan batas-batas wilayah Indonesia karena ini merupakan bagian dari kedaulatan kami. Ini dalam rangka itu, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia,” ucapnya.(wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60