Idul Fitri, Satu Warga Lapas Lirung Dapat Remisi

Penyerahan keputusan remisi kepada warga binaan pemasyarakatan G Harimada oleh petugas Lapas Lirung.
banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud – Momen Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah menjadi berkah bagi salah satu warga masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud yang menjadi Warga binaan Lapas Kelas III Lirung.

Dimana, Lembaga pemasyarakatan Lirung kanwil Kemenkumham Sulut memberikan remisi khusus Idul Fitri tahun 2022. Pemberian remisi tersebut dipimpin oleh Kasubsi admisi dan orientasi mewakili Kalapas sekaligus membacakan sambutan Menteri Hukum dan Ham bertempat di aula Lapas Lirung, Senin ( 2/4/2022).

Djitro Tindi Kepala Lapas Kelas III Lirung ketika dimintai keterangan awak media via telepon seluler menjelaskan, di mana satu orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapat remisi di Bulan Ramadhan.

Warga Binaan Lapas Lirung G Harimada saat dibacakan Keputusan Menkumham tentang Remisi Idul Fitri.

” Remisi ini ia dapatkan atas perlakuan baik yang ditunjukkan selama menjadi tahanan Lapas kelas III Lirung,” Jelas Tindi kepada awak media, Selasa (03/05/2022).

WBP tersebut adalah, G Harimasa beragama Muslim yang merupakan warga masyarakat Desa Kalongan Kabupaten Talaud mendapat pembebasan bersyarat dengan sebelumnya menjalani hukuman penjara 7 tahun dengan masa kurungan Pidana khusus anak.

Di katakan Kepala Lapas, sebanyak dua orang menjadi usulan lapas kelas III Lirung, akan tetapi menurut data sesuai sistem satu orang telah memiliki bebas bersyarat dari Kemenkumham.

Terpisah Wakil Bupati Talaud Moktar Arunde Parapaga menambahkan, dengan adanya remisi pada warga binaan lapas berharap, nantinya akan menjadi motivasi untuk hidup lebih baik, taat dan bertanggung jawab di sisa masa tahanan.

Penyerahan keputusan remisi kepada warga binaan pemasyarakatan G Harimada oleh petugas Lapas Lirung.

“Atas nama Pemerintah Daerah Talaud, pak bupati dan saya berterima kasih kepada Kemenkumham dan menyampaikan banyak selamat bagi warga binaan yang boleh mendapatkan remisi,” Pungkas Parapaga saat menghadiri Safari Ramahdan di Makodim 1312 Talaud.

Diketahui, kegiatan remisi Idul Fitri merupakan remisi khusus yang diberikan kepada narapidana di hari raya sesuai agama yang dianut. Maka remisi khusus idul Fitri ini diberikan kepada narapidana yang beragama Islam dan yang telah meme nuhi syarat administratif dan substantif. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60