Arus Penumpang Meningkat Jelang Lebaran

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Arus Mudik Jelang perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah dan momentum liburan Cuti bersama tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Talaud Meningkat signifikan.

Terpantau media ini, Sabtu ( 30/4/2022) kondisi arus penumpang pelabuhan laut Melonguane mengalami kepadatan dan ramai. Kebanyakan adalah calon penumpang tujuan Manado dan sekitarnya yang menggunakan jasa KM. Glory Mary dan Barcelona.

Publik Relation Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) kelas III Melonguane Eddi Terok kepada media ini menuturkan, jelang H-2 Idul Fitri terjadi lonjakkan kunjungan dan keberangkatan penumpang dan barang dari Manado ke Talaud dan sebaliknya yang sangat signifikan.

Arus penumpang yang memadati pelabuhan Melonguane.

“Jika dibanding hari sebelumnya, kondisi hari ini yang merupakan pelayaran atau kunjungan dan keberangkatan penumpang terakhir sebelum hari raya Idul Fitri jumlah penumpang sangat ramai dan jumlah barang yang banyak serta bervariasi.”katanya.

Dijelaskannya, terkait dengan kelancaran dan keamanan arus mudik soal keamanan dan keselamatan pihaknya mendirikan posko dan pos operasi ketupat 2022.

“Untuk Posko kelancaran dan keamanan arus mudik 2022 ini tanpa pos pencegahan Covid -19 sesuai aturan yang di tetapkan oleh pemerintah,apalagi 95% masyarakat Talaud telah melakukan vaksinasi booster,” ucap Terok.

Petugas Syahbandar Melonguane memantau dan mengatur penumpang di pelabuhan Melonguane.

Lebih jauh di menjelaskan, dalam rangka mengantisipasi lonjakkan arus penumpang tahun 2022 ini, pengaturan dan pengamanan arus mudik ini dibentuk Pos Koordinasi angkutan laut lebaran tahun 2022, yang melibatkan aparat gabungan TNI, Polri dan personil dinas perhubungan Kabupaten Talaud.

“Kami mengimbau agar masyarakat Talaud yang akan bepergian menggunakan Moda transportasi laut, agar memperhatikan keamanan dan keselamatan dalam perjalanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60