TMS Siapkan Germud Sadar Bencana

banner 468x60

JURNALSWARA,Talaud- Untuk meningkatkan kesadaran terhadap ancaman bencana sejak usia dini, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kepulauan Talaud memberikan edukasi tentang kesiapsiagaan bencana di SMP Negeri 1 Melongauane, Kamis kemarin.

Kepala Bidang Perlindungan sosial Dinsos Talaud Olita Papalapu saat dihubungi media ini, Jumat (29/4/2022) mengatakan bahwa, dasar kegiatan Tagana Masuk Sekolah (TMS) merupakan program untuk menyiapkan dan meningkatkan kesadaran terhadap ancaman bencana bagi usia dini.

Siswa yang menjadi target program Tagama Masuk Sekolah (TMS).

“Tagana Masuk Sekolah menargetkan pelajar mempunyai pengetahuan tentang bencana, potensi dan upaya pengurangan risiko bencana pada tingkatan yang paling sederhana. Dengan begitu mereka mampu menyelamatkan diri sendiri dan evakuasi sederhana bila terjadi bencana,” ucap Papalapu.

Ia juga menyampaikan tujuan dari TMS itu sebagai upaya memperkenalkan jenis bencana kepada anak usia sekolah agar sigap dan tanggap terhadap kemungkinan adanya bencana di sekitar lingkungannya.

Sosialisasi Tagana Masuk Sekolah oleh Dinsos Kepulauan Talaud.

” Dengan TMS ini berharap para pelajar dapat mengimplementasikan pemahaman bencana kepada teman dan masyarakat yang ada di lingkungannya soal potensi bencana,” pungkasnya.

Diketahui, sebelumnya kegiatan TMS ini sudah dilaksanakan di SD, SMP dan SMK yang ada di Pulau Miangas. Selain itu juga kegiatan tersebut turut dihadiri tim dari Kemensos RI dan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60