Bentuk Kampung Lumbung Pangan Kemensos Kunjungi Miangas

banner 468x60

JURNALSWARA,Talaud– Dinas Sosial Kabupaten KepulauanTalaud bersama Tim dari Kemensos RI dan Dinsos Provinsi Sulawesis Utara melakukan kunjungan kerja ke Desa Miangas, kecamatan khusus Miangas yang merupakan batas paling Utara NKRI pada beberapa hari yang lalu.

Adapun kunjungan tim tersebut dalam rangka pembentukan Desa Miangas menjadi Kampung Lumbung sosial yang merupakan program dari Kementrian Sosial RI.

Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) yang diwakili Kepala Bidang Perlindungan sosial Dinsos Pemkab Talaud Olita Papalapu dalam keterangannya saat dihubungi media ini menjelaskan, pembentukan Kampung Lumbung sosial dilakukan untuk penanggulangan bencana.

” Jadi bantuan-bantuan yang ada untuk mendukung kampung Lumbung sosial nanti akan disalurkan jika terjadi bencana,” kata Papalapu kepada media ini, Rabu ( 27/4/2022).

Menurutnya, pembentukan Desa Miangas sebagai kampung Lumbung sosial bertujuan jika terjadi bencana di Desa tersebut, stok seperti kebutuhan pokok dan tempat perlindungan sementara sudah tersedia karena mengingat letak Desa Miangas jaraknya jauh dari ibukota Kabupaten Maupun Provinsi.

” Jadi jika terjadi bencana di Miangas semua stok kebutuhan pokok sudah tersedia seperti beras, makanan siap saji serta tempat perlindungan sementara buat warga masyarakat,” jelasnya.

Adapun bantuan untuk mendukung Desa Miangas sebagai kampung Lumbung sosial dari Gedung Bekasi, seperti makanan anak 1.600 paket, lauk pauk siap saji 1.600 paket, makanan siap saji 1.600 paket, kasur 600 unit, selimut 1.200 lembar, sandang dewasa 400 paket, velbeth 400 unit, tenda keluarga 35 unit serta tenda serbaguna 8 unit.

Sedangkan untuk pembelian ditempat seperti beras 2.000 kg, Mie instan 40 dus, sarden 40 dus, air mineral 40 dus, minyak goreng 20 dus, Genset 4 unit, Pompa air 4 unit, tondom air 1.100 ltr 4 unit, serta alat dan instalasi untuk penerangan.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Camat dan Kades Miangas, Danramil Miangas, Danposal Miangas, Kapolsek Miangas,serta tokoh Masyarakat dan Agama kecamatan khusus Miangas. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60