Sejuta Pohon Peduli Alam diTanam Kodim 1312/Talaud

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Wujud kepedulian pada lingkungan alam Kodim 1312/Talaud bersinergi laksanakan program penanaman sejuta pohon dan penghijauan di Desa Rainis, Kecamatan Rainis, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (21/04/2022).

Adapun yang ditanam adalah bibit buah, tanaman keras sebagai pelindung tanah longsor sekaligus pohon penjaga mata air serta tanaman bibit pohon lainnya.

Penyerahan bibit untuk ditanam oleh Dandim 1312/Talaud.

Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Agus Ariyanto dalam keterangannya menjelaskan bahwa, penanaman ini sebagai komitmen dan konsistensi kepedulian terhadap lingkungan.

” Kegiatan ini bentuk kecintaan terhadap kelestarian ekosistem alam yang ada di wilayah Kabupaten Talaud,” ujarnya.

Foto bersama Dandim 1312/Talaud bersama stake holder terkait.

Ia menjelaskan, walaupun kondisi saat ini masih pada pandemi, namun eksistensi penjagaan terhadap alam tetap dilakukan, bukan hanya asal menanam tapi juga harus menjaga dan merawatnya. Hal ini diyakini, ketika bisa menjaga alam maka alam pun akan menjaga sekitarnya.

“Jika suatu saat pohon buah maupun pohon lainnya bisa bertumbuh subur ada buahnya bisa menguntungkan masyarakat setempat juga untuk keuntungan anak cucu kita, ”sambungnya.

Di tempat yang sama, Pasi Ter Kodim 1312/Talaud Kapten Kav. Hendra Welan menyampaikan, alasannya melakukan giat penanaman bibit buah di wilayah Kabupaten Talaud yaitu untuk kepedulian pihaknya terhadap alam supaya suatu saat di daerah Talaud khususnya Desa Rainis makin hijau dan asri dan ada hasil buah- buahannya.

“Setelah pohon ini berbuah, buahnya selain dapat dimakan juga menambah nilai jual yang lebih tinggi asal setelah ditanam harus dirawat benar, juga berfungsi sebagai lahan produktif yang bermanfaat bagi kita semua, ”ujar Welan.

Sementara itu, Plh. Danramil 1312-04/Rainis Serma Jemi Tundunanung mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya giat penanaman bibit buah dan bibit pohon keras yang mempunyai fungsi ini.

“Kegiatan ini menjadi sinergitas dan kerja sama yang sangat bagus dalam menjaga kelestarian lingkungan di wilayah Kabupaten Temanggung ini,” tutupnya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60