Launching SulutProv – CSIRT, Bupati Talaud hadir

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud- Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut ( E2L) menghadiri peluncuran Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang diberi nama Sulutprov-CSIRT bertempat di Hotel Four Point, Manado, Rabu (20/4).

Launching Sulutprov-CSIRT, dilakukan langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara melalui Wagub Steven Kandouw bersama Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Mayjen TNI (Purn) Hisar Siburian.

Bupati Talaud turut foto bersama dengan para kepala daerah dalam launching sulutprov-CSIRT.

“Menjadi kebahagiaan bersama seiring dengan peluncuran Sulutprov-CSIRT hari ini,” ungkap Wagub Steven Kandouw.

Lanjutnya, Sulutprov-CSIRT akan menjadi instrumen dalam rangka penanggulangan dan pemulihan insiden keamanan siber dan data pada sektor pemerintah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Badan Siber dan Sandi Negara RI, yang sudah menunjuk Provinsi Sulawesi Utara masuk dalam 15 tim CSIRT tingkat pemerintah daerah,” ujarnya.

Suasana launching sulutprov – CSIRT.

Wagub Kandou mengakui dengan adanya CSIRT di daerah Nyiur Melambai ini, tentunya sangat penting. Ia pun meminta pendampingan BSSN menciptakan ketahanan siber secara holistik dari pusat sampai daerah.

“Apalagi mencermati tujuannya yang adalah untuk melindungi data, identitas dan administrasi dari ancaman kejahatan siber yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” tandasnya.

Diketahui, CSIRT ini merupakan Program nasional dibangun 131 di sektor pemerintah se Indonesia, hingga tahun 2024. Selain itu ada juga CSIRT sektor swasta yang dibangun perusahaan-perusahaan.

Dalam peluncuran ini hadir Asiten II Pemprov Sulut Praseno Hadi, Perwakilan Forkopimda, dan para jajaran BSSN serta Pemprov Sulut. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60