Dandim 1312/Talaud Tinjau Personil Penjaga Tapal Batas Utara NKRI di Miangas

Pemeriksaan prajurit juga dilakukan Dandim 1312/Talaud.
banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud- Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Agus Ariyanto melakukan kunjungan ke Wilayah Koramil 1312-07 yang berada di pulau kecil terluar dan terdepan Miangas, Sulawesi Utara, Selasa (19/4/2022).

Dalam Kunjungan kerja tersebut, Dandim Ariyanto menerima laporan singkat tentang kondisi dan situasi keamanan wilayah di kecamatan khusus tersebut, terutama tentang situasi teritorial yang berada di wilayah Koramil 1312-07/Miangas oleh plh Danramil Miangas Letda Inf Patmeltje Patolenganen.

Apel para prajurit menyambut kedatangan Dandim 1312/Talaud di Markas Koramil Miangas.

Selanjutnya, Dandim melakukan pengecekan personil Ramil 1312-07/Miangas dan keadaan ruangan kantor serta lingkungan sekitarnya.

Dalam arahannya, Dandim Ariyanto mengharapakan kepada seluruh anggota agar tetap semangat dalam menjalankan tugas, dan mengutamakan keamanan diri sebelum melakukan perbantuan baik kepada warga masyarakat, Pemda dan lain sebagainya.

“Tentunya harus menjaga kesehatan pribadi dan keluarga. Serta selalu berkoordinasi dengan aparat yang ada di wilayah binaan termasuk TNI Polri yang ada,” kata Dandim.

Lebih lanjut Dandim Mengatakan, wilayah Miangas merupakan Pulau perbatasan RI –Philipina. Sangat memungkinkan untuk dijadikan tempat transit bagi bagi para pelintas batas baik yang melakukan kegiatan dagang maupun yang melakukan perkunjungan keluarga.

Dandim mengecek kondisi markas Koramil Miangas.

” Dimana di wilayah perbatasan tersebut didominasi oleh kunjungan antar keluarga, dikarenakan warga yang ada di pulau- pulau Negara Philipina yang berbatasan dengan Indonesia, telah terjadi kawin- mawin dengan warga yang ada di pulau-pulau yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan demikian tidak menutup kemungkinan juga terdapat berbagai barang-barang bawaan yang merupakan barang ilegal yang sengaja dibawa oleh warga pelintas batas.

” Saya harap seluruh Babinsa selalu meningkatkan kewaspadaan diwilayah masing-masing, deteksi dini dan cegah dini terhadap berbagai kemungkinan masuknya terorisme yang akan masuk melalui jalur-jalur tikus yang berada di wilayah Pulau Miangas,” tegas Dandim 1312/Talaud.

Dandim Agus Ariyanto berharap kepada anggota Koramil 1312-07/Miangas dapat memahami tugas pokok dan protap yang berlaku, melaksanakan patroli guna menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah perbatasan.

Pemeriksaan prajurit juga dilakukan Dandim 1312/Talaud.

“Pelihara budaya dan kearifan masyarakat lokal agar dapat diterima dengan baik oleh masyarakat yang berada disekitar pos pengamanan, hindari pelanggaran ditempat bertugas yang dapat membuat citra jelek Satuan bahkan TNI, dan tetap semangat dan jaga selalu jiwa korsa, tingkatkan iman dan taqwa meskipun ditempat tugas,” pungkasnya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60