Festival Mane’e Bakal Digelar di Bulan Mei

Adat Mane'e (menangkap ikan hanya dengan menggunakan jaring berbahan janur kelapa dan akar pohon yang tersedia di Pulau Intata.
banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud – Kabupaten Kepulauan Talaud pada bulan Mei mendatang akan melaksanakan dua kegiatan berskala Nasional. Selain pelaksanaan Paskah Nasional, akan digelar juga festival ritual adat Mane’e.

Hal tersebut disampaikan Bupati kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L), Minggu (27/3). Bupati juga mengajak seluruh warga Talaud mulai dari Tinonda sampai Napombaru untuk mengsukseskan festival ritual adat Mane’e.

Ritual adat Mane’e yang diaksanakan waktu lalu di Pulau Intata Kakorotan Kecamatan Nanusa.

” Rencananya akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang setelah Paskah Nasional di Pulau Intata Desa Kakorotan ” ucap Bupati E2L.

Menurutnya, ritual adat Mane’e merupakan tradisi budaya menangkap ikan dengan menggunakan janur kelapa, dan salah satu tradisi ciri khas wilayah terluar Kabupaten Kepulauan Talaud yang merupakan warisan leluhur turun – temurun, oleh warga Masyarakat yang ada di desa Kakorotan Kecamatan Nanusa.

” Mane’e adalah tradisi masyarakat di kepulauan talaud, Sulawesi Utara yang diwariskan secara turun-temurun. Hal tersebut dilakukan untuk memperingati puncak surut air laut ketika masa eha berakhir,” Jelasnya.

Adat Mane’e (menangkap ikan hanya dengan menggunakan jaring berbahan janur kelapa dan akar pohon yang tersedia di Pulau Intata.

Kegiatan tradisi Mane’e selalu mengundang perhatian wisatawan lokal sampai mancanegara untuk melihat keindahan Alam laut.

” Festival adat Mane’e juga merupakan pengembangan dunia pariwisata alam laut Sulawesi Utara khususnya di Kabupaten Kepulauan Talaud,” pungkas Bupati E2L. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60