Koleksi 126 Kasus Pintu Masuk Talaud Diperketat

Suasana paramedis yang menangani pasien Covid 19. (Ist)
banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud – Meningkatnya status Kabupaten kepulauan Talaud dari level dua menjadi tiga disebabkan bertambahnya Pasien yang terkonfirmasi positif Covid -19 yang menurut data terakhir dari dinas kesehatan Pemkab Talaud berjumlah 126 kasus.

Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut( E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga ( MAP) melalui Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Talaud dr. Kerry Monangin menjelaskan, para pasien tersebut , sebagian dirawat di RSUD Mala dan yang lainnya dirawat di RSUD bergerak Gemeh, Rabu ( 23/2).

” Dari 126 pasien yang terkonfirmasi Covid -19, Ada beberapa pasien positif yang tidak bergejala melakukan isolasi mandiri di rumah. Sedangkan yang bergejala berat dirawat di dua Rumah sakit yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud,” kata Monangin.

Ditambahkan Monangin saat ini pemerintah kabupaten Talaud terus memperketat penjagaan di pintu masuk seperti Pelabuhan dan Bandara Melonguane guna mencegah penyebaran Covid 19.

” Para pelaku perjalanan dari luar daerah terus dipantau dan dilakukan skrening jika masuk di daerah kabupaten kepulauan Talaud,” jelasnya.

Pemerintah juga saat ini tengah menyiapkan rumah singgah bagi para pelaku perjalanan untuk melakukan isolasi mandiri .
Selain itu posko-posko penjagaan Covid 19 mulai diaktifkan kembali sampai ke tingkat desa guna menekan penyebaran Covid 19 pada masyarakat.

” Diharapkan kesadaran masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. Seperti pemakaian masker, menjauhi kerumunan, dan tetap mencuci tangan dan melakukan vaksinasi lengkap,” pungkas Monangin.

Dengan menerapkan ketentuan tersebut setidaknya bisa mengurangi proses penyebaran Covid -19 di Kabupaten Yang paling Utara yang langsung bersebelahan dengan negara tetangga Filipina. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60