Perikanan Masih Primadona Di Talaud

Kantor Dinas perikanan dan Kelautan Pemkab Kepulauan Talaud
banner 468x60

JURNALSWARA Talaud –Kabupaten Kepulauan Talaud adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki kekayaan bawah laut yang begitu besar serta memiliki potensi hasil Laut yang begitu menjanjikan.

Ada berapa potensi laut yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud salah satunya adalah ikan. Talaud sendiri memiliki 44 jenis ikan. Data pada tahun 2021 menunjukkan bahwa Dari 44 jenis ini mendapatkan jumlah produksi sebesar 14.451.632/kg dengan nilai produksi sebesar Rp. 285.874.120.000.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Talaud Julianto jolly Parauba melalui analisa Pemanfaatan IPTEK Farel Manus Kasili mengatakan, dari segi jumlah dan nilai produksi tak lepas juga ada keterlibatan tim dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat atau kelompok tani.

“Kami melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada para nelayan, bagaimana cara menggunakan alat tangkap ikan dan sebagainya,” jelas Kasili ketika ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa ( 15/2).

Kasili menuturkan, dalam pemberdayaan nelayan dibagi menjadi dua yaitu pembudidayaan ikan dan penangkapan ikan.

“Budidaya ikan ini meliputi sarana prasarananya yaitu kolam ikan, pompa air dan lainnya yang menyangkut dengan budidaya ikan, tangkap ikan juga meliputi kapal, dokumen kapal dana alat tangkap ikan, ” Ungkapnya.

Di tempat yang sama Penyuluh perikanan ahli muda Nova Rompah juga mengatakan hal yang sama dimana sosialisasi dan pelatihan pengolahan ikan diberikan bagi nelayan untuk supaya nelayan bisa memahami tentang budidaya ikan dan lainnya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60