Eazy Pasport Hasil Kolaborasi Pemkab Talaud dan Imigrasi Tahuna

banner 468x60

JURNALSWARA Talaud – Layanan Eazy Pasport yakni memberikan layanan pengurusan pasport ďi tempat kepada warga menjadi hasil kerjasama Pemkab Kepulauan Talaud dengan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna.

Sejauh ini sudah ada 34 warga yang menikmati layanan eazy pasport di Talaud yang bertempat di Kantoŕ Dinas Kominfo dan Statistik Talaud yang dikomandani DR Imelda Tingginehe.

Menurut Rudie Charles Ticoalu Kepala Seksi lalu lintas dan ijin tinggal Kantor Imigrasi Tahuna, layanan ini merupakan layanan passport kolektif dan pelaksanaannya dimulai dari tanggal 8-10 Februari 2022.

” Ini merupakan pelayanan yang dilaksanakan di luar kantor imigrasi dan menuju lokasi pemohon dengan menggunakan mobil unit layanan passport keliling,” kata Ticoalu.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Pemkab Talaud DR Imelda Tingginehe menjelaskan, kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pemkab Talaud dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Talaud.

” Dimana pihak Imigrasi di undang oleh Dinas Dukcapil. Kemudian pihak Dukcapil memohon kepada Dinas Kominfo untuk membantu menyediakan jaringan dan tempat” kata Tingginehe, saat diwawancarai diruang kerjanya, Kamis (10/2/22).

Menurut Tingginehe, kebetulan pada tahun yang lalu kegiatan serupa sempat dibuat dan pelaksanaannya kebetulan bertempat di Kantor Kominfo dan Statistik. Mungkin karena hal tersebut, maka tahun ini kembali dibuat di kantor ini.

” Untuk kegiatan pembuatan passport menurut informasi dari pihak Imigrasi sudah sekitar 34 warga masyarakat yang mempergunakan layanan tersebut, dan ini sudah seperti yang diharapkan. Karena kalau mau ke Tahuna jaraknya cukup jauh,” ungkap Kadis yang bergelar Doktor inì.

Tak lupa juga Tingginehe menyampaikan, mewakili pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga (MAP) mengucapkan terima kasih kepada pihak Imigrasi kelas II TPI Tahuna.

” Karena dengan mereka melaksanakan layanan tersebut, dapat memudahkan warga masyarakat Talaud untuk mengurus passport sehingga tidak perlu lagi ke Manado ataupun Tahuna,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 8- 10 Februari 2022 Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga bersama Ketua Tim PKK Martji Leong dan Sekretaris Daerah Yohanis B.K Kamagi serta beberapa pejabat tinggi Pratama lingkup Pemkab Talaud sudah memanfaatkan layanan tersebut. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60