Abrasi Ancam Pantai Salibabu, Warga Minta Perhatian Pemkab Talaud

Pantai Salibabu yang mulai terkena dampak abrasi.
banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Warga yang bermukim di pesisir pantai terus dihantui ancaman terjadinya abrasi seperti warga Desa Salibabu, Kecamatan Salibabu, Kabupaten kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Dari pantauan media ini, Kamis (5/5/2022) dimana volume pasir disepanjang pantai Desa Salibabu saat ini semakin berkurang.
Sehingga jika terjadi air pasang, ombak terus menghantam pinggiran pantai sehingga hampir mendekati pemukiman masyakarat.

Salah satu warga Alwein Aramana yang kebetulan bermukim di pinggiran pantai mengatakan, dimana sejak adanya penambangan pasir yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, halaman rumah terus dihantam ombak jika air pasang tiba.

“Ombak terkadang naik sampai di depan rumah karena kebetulan rumah berhadapan langsung dengan pantai,” ujarnya.

Hal yang sama dialami Edy Paru Nelayan Asal Salibabu. Dirinya mengatakan saat ini kewalahan mengatur perahunya dikarenakan kondisi pantai sudah berombak karena pasir dipinggiran pantai sudah berkurang.

Pantai Salibabu yang mulai terkena dampak abrasi.

” Dulu disepanjang pantai ini menjadi tempat rekreasi masyarakat sekitar. Untuk santai serta menjadi arena permainan dari anak-anak, karena kondisi pasirnya yang halus,” jelasnya.

Warga hanya bisa berharap ada perhatian dari pemerintah daerah terutama pemerintah Desa untuk bisa memperhatikan akan kondisi pantai saat ini demi kelangsungan anak cucu kedepan nanti .

Sementara itu, Kepala Desa Salibabu Mahakarya saat di temui mengatakan akan memberikan sanksi tegas kepada para pelaku penambang pasir ilegal jika kedapatan masih melakukan aktivitasnya.

“Di dalam Peraturan Desa dan mengacu pada peraturan pemerintah dimana aksi penambangan pasir secara ilegal itu melanggar hukum dan jika kedapatan masih ada yang melakukan penambangan secara ilegal maka pelaku tersebut akan berurusan dengan hukum,” tegas Kades Mahakarya. (Wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60