Bupati E2L Buka Pencanangan Vaksinasi Serentak Anak Usia 6-11 Tahun Di Kabupaten Talaud

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Kegiatan Pencanangan Vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun digelar secara serentak dibeberapa Sekolah SD yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud mulai hari ini.

Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) berkesempatan menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan tersebut yang dilaksanakan di SDN Inpres Melonguane, Jumat (4/2)2022).

Bacaan Lainnya
banner 300250

Hadir juga Kapolres Talaud, Dandim 1312/Talaud, Danlanal Melonguane, Kajari Talaud, Pejabat Tinggi Pratama lingkup Pemkab Talaud serta Forkopicam Melonguane, Para Guru dan orang tua murid.

Kadis Kesehatan Kerry D. Monangin dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini berdasarkan putusan Kemenkes tentang pelaksanaan vaksinasi kepada anak 6-11 tahun. Rekom dari para dokter ahli anak serta hasil evaluasi kabupaten/Kota, di mana kabupaten Talaud karena sudah mencapai 75 persen makanya bisa melaksanakan vaksinasi kepada anak usia tersebut.

” Tujuan vaksinasi ini untuk mencegah anak dari sakit berat dan kematian akibat dari Covid-19. Serta mencegah penularan dari keluarga yang belum divaksin,” kata Monangin.

Menurut kadis Kesehatan, selain itu vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung pelaksanaan KBM dan memanilisir penularan Covid-19 di sekolah serta menciptakan hard imuniti atau kekebalan kelompak di sekolah.

” Sasaran kegiatan kali ini berjumlah 8317 anak usia 6-11 tahun yang berada di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud,” jelasnya.

Sementara itu Bupati E2L dalam sambutannya mengatakan,hari ini adalah pelaksanaan vaksinasi anak dari usia 6-11 tahun yang digelar secara serempak.

” Persetujuan pelaksanaan ini sebelumnya telah dikaji secara mendalam oleh pemerintah pusat. Jadi melihat dari rekomendasi dan kajian tersebut, maka diambil keputusan harus dilakukan vaksinasi kepada anak dan didukung oleh para ahli vaksinasi dan kementrian Pendidikan Nasional,” jelas E2L.

Bupati E2L berharap agar para orang tua murid tidak perlu cemas . Pada pelaksanaan vaksinasi ini mirip dengan Imunisasi.

” Artinya memperkuat imun tubuh anak terhadap infeksi virus atau bakteri. Manusia termasuk anak- anak yang baru lahir setiap hari terpapar oleh bakteri, virus,serta parasit,” ucapnya.

Menurut Bupati, diudara ini tidak ada yang steril, semuanya mengandung berbagi macam virus dan bakteri yang kemudian mengancam tubuh manusia.

” Maka hari ini para anak-anak harus diberikan vaksinasi. Agar supaya ketika terinveksi virus Corona respon tubuh akan menjinakkan dampak dari virus tersebut.

Jadi, melaksanakan vaksinasi sama dengan menghindarkan anak-anak dari Kematian. Melakukan vaksinasi persis seperti usaha kita untuk mengatasi ancaman kematian bagi orang yang terinveksi.

” Mari kita berusaha agar supaya pelaksanaan vaksinasi buat anak berjalan dengan cepat di seluruh Kabupaten Kepulauan Talaud,” ajak E2L.

Mari kita yakini bahwa langkah yang dilakukan oleh Pemerintah daerah bersama para guru adalah untuk melindungi anak-anak kita dari bahaya kematian akibat terinveksi virus Covid-19.(wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60