PN Melonguane MOU Posbakum Dengan LBH Ferari

banner 468x60

JURNALSWARA, Talaud– Pengadilan Negeri Melonguane melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ferari bertempat di Melonguane, Jumat (14/1/2021).

Kerja sama ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Ketua Pengadilan Negeri Melonguane, Bapak Tri Asnuri Herkutanto, S.H.,M.H. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada LBH Ferari yang telah terpilih sebagai penyedia jasa layanan bantuan hukum di PN Melonguane.

” Kami mengucapkan terima kasih atas partisipasinya selama 3 (tiga) tahun terakhir dalam memberikan layanan bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu di wilayah hukum Pengadilan Negeri Melonguane,” ucap Tri Asnuri.

Lebih lanjut Ketua PN Melonguane menjelaskan, tentunya tantangan tahun ini akan lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena PN Melonguane akan berupaya mempertahankan Akreditasi Penjaminan Mutu.

” Jika berhasil maka PN Melonguane akan menuju Zona Integritas, dan komponen pendukung untuk mencapai itu semua salah satunya adalah keberadaan Posbakum,” jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua LBH Ferari Suwempry South, S.H. menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaannya selama kurang lebih 3 tahun ini, dan tahun ini merupakan tahun ke-4.

“Sehingga kedepannya diharapkan Posbakum PN Melonguane mampu meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat pencari keadilan khususnya kepada masyarakat yang tidak mampu,” harapnya

Kerja sama ini akan berlangsung selama 1 tahun kedepan, sehingga South menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Talaud dapat memanfaatkan fasilitas layanan Pos Bantuan Hukum di PN Melonguane.

” Misalnya pemberian informasi, konsultasi, atau advis hukum; bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan; penyedia informasi daftar organisasi bantuan hukum yang memberikan bantuan hukum cuma-cuma,” jelasnya.

Lebih lanjut South menjelaskan, bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan di Posbakum di PN Melonguane, tidak perlu lagi khawatir karena pemberian layanan diberikan secara cuma-cuma.

” Karena pemberi layanan telah dibayarkan oleh negara melalui DIPA Pengadilan Negeri Melonguane,” pungkasnya.(wem)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60