Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi, Walikota Manado Dapat Arahan Presiden

banner 468x60

JURNALSWARA, manado – Walikota Manado Andrei Angouw mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian inflasi tahun 2021 secara virtual dari ruang kerjanya, Rabu (25/8/21).

Kegiatan yang mengusung tema Mendorong Peningkatan Peran UMKM Pangan Melalui Optimalisasi Digitalisasi Untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Pangan tersebut, secara resmi dibuka Presiden Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara bersama Kementerian/Lembaga Tinggi Negara, Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati Walikota se Indonesia dan jajaran TPID seluruh Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 300250
Presiden Jokowi saat menggelar Rakornas pengendalian Inflasi.

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Jokowi menjelaskan beberapa hal mengenai kondisi perekonomian nasional, sembari berharap agar lembaga teknis melakukan pendampingan kepada para petani dilapangan.

“Hal ini dimaksudkan agar para petani dapat melaksanakan kegiatan pertanian dengan baik supaya dapat mendorong pertumbuhan ekononi ditengah masyarakat,” kata Jokowi dalam pidatonya.

Walikota manado saat menghadiri rakornas secara virtual.

Pun juga dalam laman akun FB resmi miliknya, Presiden juga menambahkan, bahwa perekonomian Indonesia semakin membaik meski dalam keadaan serba ketidakpastian. Pertumbuhan ekonomi mencapai angka 7,07 persen dengan tingkat inflasi terkendali 1,52 persen secara tahunan atau year on year pada kuartal kedua 2021.

Ini patut disyukuri, namun tetap harus waspada. Mengapa? Karena menurut Presiden Jokowi, inflasi yang rendah juga bisa bukan hal yang menggembirakan. Bisa saja mengindikasikan turunnya daya beli masyarakat akibat pembatasan aktivitas dan mobilitas.

“Karena itulah, kepada kepada Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) saya menekankan beberapa hal untuk menjadi perhatian.

Di antaranya, saya meminta kepada TPIP dan TPID untuk terus menjaga ketersediaan stok dan stabilitas harga barang, utamanya barang kebutuhan pokok. Dalam kondisi daya beli masyarakat yang menurun, stabilitas harga barang menjadi hal yang penting. Kalau ada hambatan, segera selesaikan di lapangan,” tulis Presiden dalam akun resminya.

Kegiatan dilanjutkan dengan dialog bersama Presiden yang dipandu Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, kemudian diakhiri dengan arahan dan tanggapan beberapa pertanyaan dalam dialog tersebut.(*/v@n)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60