Bendera Merah Putih Raksasa Berkibar di Puncak Gunung Ambang Boltim

Pembentangan bendera merah putih di puncak gunung Ambang, dapat apresiasi dari Menteri Sandiaga Uno
banner 468x60

JURNALSWARA, Moaat – Menjejakkan kaki di atas bumi Timur Totabuan, sekumpulan komunitas pecinta alam dari berbagai pelosok di Sulawesi Utara (Sulut), mengibarkan bendera merah putih raksasa di puncak gunung Ambang Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Persembahan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Hadir pada acara ini, KSPA Adventure Boltim, KPA Gurilas Kotamobagu, KPAB Napoleon, Mipala, KSAT Kotamobagu, Mapala Culture, GPPA Varanus, KPAB Ochettelus, Family Ini Nature, My Trip My Adventure Bitung dan KPA Arenga Pinata Sulut.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Salah satu panitia pelaksana yang juga sebagai Ketua Kami Sang Pecinta Alam (KSPA) Adventure Boltim, Jeki Tambahani menuturkan, pengibaran bendera raksasa tersebut dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan sekaligus memperkenalkan destinasi wisata alam yang ada di Kabupaten Boltim.

“Kegiatan ini sengaja kami buat di gunung Ambang sebagai bentuk mempromosikan wisata alam yang ada di kabupaten Boltim, seperti menambah daya tarik pengunjung. Kemudian mempererat tali persaudaraan pecinta alam Indonesia, terutama pecinta alam yang ada di Sulawesi Utara,” ujar Jeki, Kamis (19/8).

Ia pun berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini, destinasi wisata alam yang dimiliki Bolaang Mongondow Timur semakin terkenal dan lebih banyak di minati pengunjung dari luar daerah.

“Tidak semua peringatan upacara kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di perkotaan atau di pedesaan, tetapi bisa juga dilakukan di atas gunung. Walaupun jauh dan sulit, jika kita punya niat, setiap apa yang kita tempuh pasti bisa tercapai. Untuk para pendaki gunung Ambang, semoga lebih tau menjaga, merawat dan meningkatkan perawatannya,” pintanya.

Sementara itu, salah satu peserta sekaligus sponsor dalam kegiatan itu, Randi Limbanadi mengatakan, peringatan hari kemerdekaan di puncak gunung Ambang tersebut menunjukkan kecintaan mereka terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita semua ingin menjaga kelestarian alam Indonesia, dan menumbuhkan kecintaan yang lebih terhadap potensi pendakian di berbagai gunung yang tersebar di wilayah Indonesia, terkhusus gunung Ambang,” tutur Pegawai Bank SulutGo ini.

Diberitahu tokoh pemuda asal Desa Bulawan Satu ini, meskipun situasi saat ini tidak menguntungkan dengan adanya pandemi Covid-19, bukan berarti memadamkan kecintaan mereka terhadap alam.

“Aksi solidaritas ini kami persembahkan kepada seluruh garda terdepan petugas kesehatan dan aparat lainnya, yang sedang berjuang menghadapi pandemi Covid-19 ini,” kata Limbanadi.

Aksi pengibaran bendera merah putih di puncak gunung Ambang oleh sekumpulan pecinta alam sulut ini, diapresiasi pecinta alam Boltim, Randi Limbanadi.

“Untuk itu saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua komunitas PA yang terlibat di acara pengibaran bendera merah putih raksasa tanggal 17 Agustus 2021 kemarin. Semoga melalui kegiatan ini, sekaligus menjadi obat rindu para penggiat alam untuk kembali beraktivitas dalam kegiatan yang kita laksanakan kemarin,” (Andry)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60