De Ligt Jadi Penyebab Tersingkirnya Belanda

banner 468x60

JURNALSWARA – Sempat digadang-gadang bakal menjadi juara Euro 2020, Tim Nasional Belanda akhirnya tersingkir dari turnamen empat tahunan di benua biru tersebut.

Mimpi Belanda menjadi juara sirna setelah dikalahkan Republik Ceko pada laga 16 besar di Stadion Puskas Arena, Minggu (27/6), dengan skor 0-2.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Gol-gol Thomas Holes dan Patrik Schick dimenit ke-68 dan 80′ yang bersarang di gawang Maarten Stekelenburg menjadi bukti, bahwa Republik Ceko tak bisa dipandang sebelah mata.

Kehilangan Matthijs de Ligt di lini belakang Tim Oranye jadi penyebab ambruknya pertahanan Timnas Belanda.

Dua gol yang dicetak Republik Ceko itu terjadi setelah De Ligt diusir wasit asal Rusia, Sergei Karasev pada menit ke-55.

De Ligt, yang juga bek Juventus itu, melakukan blunder yang sangat fatal saat berduel dengan Patrick Schick di pertahanannya sendiri. Guna menghalau pergerakan Schick, De Ligt dengan sengaja menghalau bola dengan tangannya.

Sebenarnya, De Ligt hanya diganjar kartu kuning oleh Karasev, yang pada akhirnya melahirkan tendangan bebas untuk Republik Ceko.

Namun, beberapa saat kemudian, wasit asal Rusia itu meninjau serta memastikan kembali insiden De Ligt dengan menggunakan VAR.

Wasit Sergei Karasev memberikan kartu merah kepada Matthijs de Ligt usai melihat VAR. (Pool via REUTERS/LASZLO BALOGH)

Alhasil, keputusan baru pun keluar dari di tangan Karasev. De Ligt di ganjar Kartu merah. Belanda pun hilang keseimbangan di lini belakang.

Diusirnya De Ligt, memberi efek besar bagi lini belakang Timnas Belanda dalam menghadapi serangan Republik Ceko yang sangat agresif.

Setelah Belanda bermain dengan 10 orang, Republik Ceko berhasil membobol gawang Belanda. Memanfaatkan umpan Tomas Kalas, sundulan Holes tak mampu dibendung Maarten Stekelenburg.

Republik Ceko memperbesar keunggulan pada menit ke-80 lewat gol yang diciptakan oleh Patrick Schick usai menerima assist Kalas.

Kekalahan ini membuat Belanda harus angkat koper dari Euro 2020 serta membuyarkan ambisi mereka untuk menjadi juara turnamen tersebut.(v@n)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60